Ingin Hasil Foto Terbaik Dari Kamera Ponsel? Jangan Lewatkan Satu HalSimpel Ini.


Dalam mengabadikan momen, terutama dari ponsel, pasti kamu ingin mendapatkan hasil yang terbaik. Penggunaan lampu kilat, pengaturan kamera seperti fokus, ISO, shutter speed manual dan lainnya dapat kamu lakukan pada ponsel tertentu supaya hasil foto yang diambil maksimal. Akan tetapi, semua hal tersebut akan terasa percuma jika hal yang satu ini kamu lewatkan. Apa itu?

Membersihkan kaca kamera ponsel.

Ya, betul sekali. Hal simpel seperti membersihkan kaca kamera ponsel dapat meningkatkan kualitas hasil foto secara signifikan. Seperti yang kita ketahui, ponsel-ponsel canggih jaman sekarang tidak sedikit yang memiliki modul kamera menonjol di bagian belakang bodi ponsel, baik itu di tengah, sudut atas atau lainnya. Hal tersebut membuat kaca kamera ponsel mudah kotor saat ponsel diletakkan di atas permukaan tertentu seperti meja makan, meja kantor dan sebagainya. Selain modul kamera yang menonjol, adanya tombol power atau sensor sidik jari di bagian bawah atau samping (cough, S8, cough) kamera belakang juga bikin pemilik ponsel sering tidak sengaja menyentuh kaca kamera. Hal-hal seperti ini dapat meninggalkan bekas sidik jari di kaca kamera utama, yang menyebabkan hasil foto tidak bisa maksimal. Foto akan cenderung berkurang tingkat ketajamannya, dan terlihat seperti berembun, terutama saat terkena pantulan cahaya.

Lalu bagaimana cara membersihkan kaca kamera ponsel yang kotor? Gampang kok, pakai aja ujung kaos/baju yang sedang digunakan sebagai pembersih. Jika bahan dirasa kurang lembut/bersih, bisa juga pakai handkerchief (sapu tangan), microfiber cloth atau juga pembersih kacamata. Biasakan untuk membersihkan kaca kamera sesaat sebelum foto, terutama untuk ponsel dengan kamera menonjol atau dengan sensor sidik jari di bawah kamera seperti yang saya sebut di atas. Dengan begitu, bekas sidik jari atau kotoran yang menempel di kaca kamera akan bersih, sehingga tidak mengganggu sensor dan lensa kamera untuk mengambil foto.

Langsung saja, berikut adalah hasil foto sebelum dan sesudah kaca kamera dibersihkan. Semua foto di bawah ini dihasilkan oleh ponsel yang sama, dengan keadaan kaca kamera kotor (kiri), dan kaca yang sudah dibersihkan (kanan).





Di foto pertama, perbedaan tidak terlalu terlihat saat kamera digunakan untuk memotret objek yang cenderung gelap. Namun di foto kedua, sangat terlihat foto menjadi agak buram di sekeliling objek. Pada foto ketiga, cahaya jam tangan terlihat mengganggu hasil foto saat kaca kamera belum dibersihkan. Di foto terakhir, walaupun menggunakan flash, kaca kamera yang kotor juga masih dapat mengganggu hasil foto secara menyeluruh. Sedangkan saat setelah dibersihkan, foto menjadi lebih tajam dengan warna-warna objek lebih jelas.

Gitu aja tipsnya. Semoga momen yang kamu hasilkan melalui kamera ponsel menjadi lebih maksimal setelah menggunakan tips ini ya. Atau ada tips lain? Silahkan tulis di kolom komentar di bawah untuk berbagi dengan yang lain yaa.

Comments

Popular posts from this blog

Review: Moto G5s Plus - Pilihan Terbaik di Rp3 Jutaan

Tips Memilih Kartu Memori Yang Tepat Untuk Ponsel

Andromax B & Andromax L - Ponsel Android 4G LTE Terbaru Smartfren