Logitech X50 Review: Wireless Speaker Mini Bersuara Maksimal


Sudah lama banget kepengin punya portable speaker, baik yang kabel maupun wireless. Sudah lama sih ngincer punya Xiaomi yang 300 ribuan itu, tapi berakhir di halaman produk aja, alias... nggak sampai kebeli. Tapi karena sebuah kebetulan*, saya akhirnya membeli Logitech X50. Dan keputusan saya untuk membeli speaker ini adalah salah satu keputusan terbaik dalam hidup saya. I'll tell you why.

FYI, Logitech X50 ini adalah penerus dari Logitech X100. Selain dari nomor seri yang mengecil, harganya juga turun menjadi hampir setengahnya, tapi keluaran suaranya lebih enak. Aneh ya? Begitulah hasil dari saya baca-baca di beberapa artikel luar.


Beda dari X100, X50 punya desain lubang grill yang lebih besar, dan lebih enak dilihatnya (menurut saya). Tingginya 97.5mm, dengan lebar 85.7mm dan ketebalan 38.3mm, ultra portable. Bodinya terbuat dari plastik, kecuali bagian bawah dan tiga tombol (power, volume up & volume down) yang terbuat dari material karet keras, supaya nggak kegeser-geser pas ditaruh di permukaan yang licin. Walaupun kombinasi plastik dan karet, masih terlihat kokoh dan awet. Tetap mulus walaupun sudah jatuh beberapa kali. Di sisi samping, ada sebuah lanyard yang bisa kamu manfaatkan untuk beberapa fungsi. Dikasih gantungan/strap, bisa. Atau kamu bisa taruh X50 di dinding kamar, gantungan baju, mana aja deh. Saya sih biasa naruh di gantungan baju. Entahlah, rasanya suaranya bisa lebih enak aja gitu kalo digantung.
Asal jangan perasaan. Iya.

Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, di speaker ini hanya terdapat tiga tombol. Tombol powernya punya dua fungsi; untuk menyalakan speaker (ditekan) dan untuk pairing lewat bluetooth (tekan & tahan). Proses pairingnya gampang banget, tinggal tahan tombol power sampai lampu LED berkedip, cari speaker lewat menu bluetooth di PC atau smartphone, dan speaker akan tersambung otomatis. Oh ya, selain lewat bluetooth, juga ada lubang jack 3.5mm yang bisa kamu sambungkan ke perangkat lain lewat kabel aux.


Speaker ini punya baterai 750 mAh, yang diklaim bisa nyetel musik non-stop sampai 5 jam. Kenyataannya? Nggak pernah 5 jam. Selalu lebih. Antara 8 - 12 jam deh, dengan volume standar yang cukup untuk kamar 3x3, atau ruang tamu ukuran 5x5 (mendadak perkalian). Belum pernah nyoba nyetel nonstop dengan volume maksimal karena suaranya keras banget, takutnya bisa kedengeran sampai rumah tetangga. Dan kalau dicoba volume maksimal, suara akan jadi sember/gembr├ęt/pecah. Untuk spesifikasi teknis, bisa dillihat di sini.


Yes, this speaker is really, really loud despite it's small size. Awalnya saya agak skeptis dengan speaker sekecil ini. Kebayangnya suara yang dihasilkan mono dan nggak enak gitu. Ternyata jauh melebihi ekspektasi. Dentuman bassnya kerasa banget, treble dan vokalnya pas, nggak seperti speaker yang asal jedag-jedug doang. Speaker ponsel, tablet dan laptop saya hampir tidak pernah saya pakai, semenjak ada Logitech X50 ini. Walaupun laptop saya punya stereo speaker dan satu subwoofer built-in, keluaran suara masih jauh, kalah jauh. Kalau lagi di kamar tidur, biasa saya pakai buat muter playlist Evening Chill di Spotify, nyala dari malem sampai pagi. Kalau saya lagi ngampus dan speaker di rumah, dipakai mama saya buat nemenin setrika, atau sekadar nonton sinetron yang ketinggalan lewat YouTube (yang geng motor itu, lho). Jarang nganggur lah pokoknya, sampai kepikiran mau beli lagi.

Buat saya, Logitech X50 ini layak banget untuk dimiliki. Dimensinya kecil, modelnya bagus dan warna-warni, bisa ditaruh di mana aja, keluaran suaranya juga maksimal -- nggak sebanding, deh, sama ukurannya. Dengan harga sekitar 200 ribuan, Logitech X50 bisa dibilang salah satu pilihan terbaik untuk wireless speaker yang tersedia saat ini.


Comments

Popular posts from this blog

Tips Memilih Kartu Memori Yang Tepat Untuk Ponsel

Review: Moto G5s Plus - Pilihan Terbaik di Rp3 Jutaan

Andromax B & Andromax L - Ponsel Android 4G LTE Terbaru Smartfren