Peresmian Customer Care Brother Indonesia Cabang Surabaya


Layanan purna jual sebuah produk merupakan hal yang sangat penting bagi saya, terutama untuk perangkat elektronik. Tidak hanya untuk smartphone dan notebook, elektronik pendukung lainnya seperti printer bahkan mesin jahit juga harus memiliki layanan purna jual yang prima, supaya penanganan cepat saat produk terdapat masalah di kemudian hari. Sebagai salah satu perusahaan perangkat IT terkemuka di Indonesia, Brother Indonesia kemarin (28/06) meresmikan customer care barunya di Surabaya.


"Lho, memangnya sebelumnya belum ada?". Kalimat ini langsung saya tanyakan kepada mas Chris Surya, Marketing Manager, PT. Brother International Sales Indonesia, setiba saya tiba di lokasi peresmian. Ternyata di Surabaya sebelumnya memang sudah ada, berlokasi di Hi-Tech Mall Surabaya. Brother Indonesia memutuskan untuk pindah dari Hi-Tech Mall ke pusat kota agar bisa menjangkau para pelanggannya yang memang kebanyakan kalangan korporat. Oh ya, lokasi baru customer care Brother Indonesia branch Surabaya ini ada di Gedung Scomptec, Jl. Kayon no. 24. Memang pas banget sih, dekat dengan gedung perkantoran seperti Intiland Tower, Plaza BRI dan perkantoran lainnya yang ada di sepanjang Jl. Basuki Rachmat dan sekitarnya.

(Itu, sebelah kanan pintu masuk utama)


Customer care yang baru dibuka ini adalah yang kedua dibawah naungan Brother Indonesia langsung, setelah service center pusat yang ada di Ruko Mangga Dua Square, Jakarta. Selain kedua tempat ini, ada 102 service centre lainnya yang tersebar di 55 kota di seluruh Indonesia. Ke-102 service centre ini merupakan authorized service provider (ASP) -- tidak secara langsung dari Brother Indonesia, tetapi memiliki standar yang sama. Jadi pelanggan bebas pilih mau servis di mana saja, atau sesuaikan dengan lokasi terdekat. FYI, Brother memberikan garansi sampai 3 tahun untuk seluruh produk yang dijual. Awesome.

Di acara ini, juga hadir Mr. Masahiro Isobe, Presiden Direktur PT. Brother International Sales Indonesia. Beliau adalah orang asli Jepang, yang sebelumnya sudah bekerja di Brother Industries, Ltd selama hampir 19 tahun. "Ini merupakan sebuah batu loncatan besar bagi Brother Indonesia dalam komitmennya untuk selalu bisa diandalkan, dipercaya dengan memberikan pelayanan kepada pelanggan", ujar beliau saat peresmian berlangsung. Acara kemudian dilanjut dengan gunting pita dan potong tumpeng, disusul buka bersama oleh para blogger, media dan partner yang juga turut hadir dalam peresmian customer care baru ini.


Setelah selesai makan kolak dan nasi kuning, saya masuk ke ruangan customer care baru Brother Indonesia cabang Surabaya ini dan mengambil beberapa foto. Isinya lengkap banget, ada berbagai jenis printer, label maker, katrid printer, isi tinta dan segala macam hal yang dibutuhkan untuk tiap jenis produk. Juga ada snack corner yang bisa memanjakan pelanggan saat sedang melakukan proses pembelian produk Brother, atau menunggu produknya diservis.



Yup, selain perbaikan, di sini kamu juga bisa membeli segala produk yang dijual oleh Brother. Walaupun display dan demo unit yang ada saat ini hanya ada printer dan label maker, kamu juga bisa membeli maupun servis mesin jahit di sini. Kalaupun stok mesin jahit sedang kosong, misalnya, Brother akan menghubungi distributor terdekat untuk mengirimkan stoknya ke lokasi, jadi pelanggan tidak perlu pergi lagi ke tempat lain. Memudahkan banget ya.

Malas membeli secara offline? Kamu juga bisa membeli produk Brother secara online lewat aplikasi "Brother iShop". Aplikasi ini baru banget dirilis, tersedia untuk Android & iOS. Kamu bisa cek promo terbaru, melihat katalog produk lengkap dengan dokumen PDF berisi spesifikasi mendetil, cari alamat dan nomor telepon service centre se-Indonesia. Untuk perusahaan, juga bisa request trial atau mencoba produk Brother lewat form yang disediakan di aplikasi ini.



Untuk pembelian online lewat Brother iShop, pelanggan akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti promo khusus, aktivasi garansi produk secara online, dan cek status masa garansi langsung dari aplikasi. Saat saya coba, tampilan aplikasi cukup simpel dan informatif. Masih ada beberapa bug, sih, seperti login lewat Facebook yang terus menampilkan status "loading", dan tampilan informasi produk yang beberapa kali tidak bisa dibuka. But at least semua informasi yang dibutuhkan seperti dokumen spesifikasi, daftar service centre dan lainnya dapat diakses dengan lancar dan cepat. Dengan tagline "At Your Side", saya rasa Brother Indonesia sukses dalam memberikan kemudahan dan pelayanan prima bagi pelanggan, baik secara offline maupun online. Jadi kepengin punya kantor sendiri. *lah*.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Memilih Kartu Memori Yang Tepat Untuk Ponsel

Review: Moto G5s Plus - Pilihan Terbaik di Rp3 Jutaan

Andromax B & Andromax L - Ponsel Android 4G LTE Terbaru Smartfren