Log Out Semua Akun Di Ponselmu Sebelum Servis


Ada saatnya, ponsel kamu rusak padahal masa garansi sudah habis. Kemudian, "ah, di service center resmi pasti mahal kalau garansi habis. Di konter servis biasa aja, deh". Setelah itu cari-cari tempat servis, lalu kasih ponsel berikut dengan deskripsi kerusakan. Lalu ditinggal beberapa hari untuk menunggu servis sampai selesai. Kalau seperti itu, ada satu hal penting yang kamu lewatkan, utamanya kalau kamu servis ponsel; log out semua akun yang ada.


Sebelumnya juga saya nggak kepikiran, "memangnya kenapa kalau belum log out? Mau dibajak? kan handphone-nya lagi rusak?". Eh, minggu lalu temen saya nelpon sambil panik.

Begini Ceritanya...

Kakak teman saya (sebut saja "mas Budi") (seperti yang ada di buku-buku pelajaran) ini habis benerin Galaxy Chat-nya di konter hp. Setelah dipegang, mas Budi nggak langsung nyalakan paket data. Nah tiba-tiba temannya kontak semua, "Bud, lagi kesusahan apa?", "Budi, tadi sudah ku belikan pulsa. Ada apa tho?". Lalu mas Budi baru nyalakan paket data, dan pas buka BBM, akunnya sudah tidak bisa dipakai. Login pun nggak bisa.

Ternyata, akun BBMnya diganti password dan emailnya sama yang benerin hape. Setelah diganti, akun BBM mas Budi dipakai di hp lain, lalu minta ditransfer pulsa 100 ribu ke kontak-kontak yang ada.

"Yaelah gitu doang". Iya kalau saya, yang kontak BBMnya cuma dikit. Lain cerita untuk mas Budi, yang pakai BBM untuk keluarga besar, teman kerja dan lainnya. Untungnya, yang transfer pulsa ini juga ngabarin via telepon ke mas Budi. Sadly, yang transfer pulsa sudah banyak, puluhan orang, dan masing-masing disuruh isi 100 ribu.

Kenapa saya bilang diganti password dan email? Karena waktu itu saya bantu cek email mas Budi. Lalu menemukan email ini:




Cukup pintar yang bajak. Kalau cuma diganti passwordnya, tinggal minta recovery lewat email, selesai. Kalau sudah diganti emailnya begini, ya nggak ada yang bisa dilakukan. Selain coba kontak ke @BlackBerryBantu (UPDATE: sekarang sudah jadi satu di @BlackBerryHelp) untuk pertolongan tutup akun dari pusat (yang saya sendiri pesimis tidak mungkin bisa), saya kasih tahu teman saya supaya mas Budi kontak manual saja, untuk mencegah transfer pulsa lain.

Yang bajak cukup pintar, tapi belum pintar-pintar banget. Karena keesokan harinya, saya dapat balasan DM dari BlackBerryBantu, yang berisi seperti ini:




Dengan cepat, saya lakukan tahap-tahap yang disarankan oleh BlackBerry Bantu (detilnya nanti saya tuliskan di artikel lain ya). Lumayan, paling tidak, akun mas Budi sudah benar-benar terhapus dan tidak bisa dipakai tipu-tipu lagi.

Jangan sampai kamu jadi korban juga. Selain akun BlackBerry, akun lain seperti WhatsApp (ini tinggal hapus app sih ya), Facebook, Twitter dan lain-lain nggak boleh kelewat untuk di-logout. Dan yang terutama, adalah email. Dengan email, pihak yang tidak bertanggung jawab bisa minta request kata sandi baru lewat email kamu. Belum lagi kalau kamu punya beberapa akun email, plus, salah satu email yang ada, kamu pakai untuk email recovery. Kelar, akun emailmu pun juga bisa diganti password. Kamu menggunakan satu macam password untuk semua akun email? Sebaiknya mulai dari sekarang, diganti satu-persatu, deh. Sebelum terlambat.

Comments

Popular posts from this blog

Review: Moto G5s Plus - Pilihan Terbaik di Rp3 Jutaan

Tips Memilih Kartu Memori Yang Tepat Untuk Ponsel

Andromax B & Andromax L - Ponsel Android 4G LTE Terbaru Smartfren