Pengalaman Membeli Xiaomi Replika (dan Tips Untuk Membedakan DenganYang Asli)


Membeli produk ponsel (Xiaomi) yang tidak resmi masuk Indonesia memang berisiko. Yang pertama, risiko kalau barang rusak (kecuali bergaransi distributor, itu juga banyak yang bermasalah). Yang kedua, lebih susah membedakan yang mana asli, mana palsu (terutama Samsung, dan yang nggak dikira ada replikanya... Xiaomi).


Artikel ini saya bagi jadi tiga bagian ya. Ada cerita pertama dari mana asalnya saya beli Xiaomi Mi4 replika ini, lalu dilanjut gimana cara saya tahu kalau ini replika, dan yang terakhir, cara cek Xiaomi asli atau palsu. Yang males baca cerita saya (yang sangat panjang) dulu, boleh langsung ke bagian tiga, ehehe.

Kepengin Xiaomi Mi4

Saya sangat baru dalam dunia Per-Xiaomi-an. Memang lagi kepengin punya Redmi Note 2, cuma waktu itu belum kebeli. Pas lagi nonton review, kakak saya nelpon,

"Xiaomi Mi4 bagus ya. Tadi habis coba punya temen, kamera depannya bening! Sampingnya juga aluminium. Kepengin, deh".

Sebelumnya, saya perjelas dulu kalau yang dipengin kakak saya ini Mi4, ya. Bukan Mi4i. Mi4 tidak resmi masuk sini, Mi4i resmi. Jadi kalau mau beli Mi4i, tinggal cari yang bergaransi resmi dan beli di toko ritel resmi, beres.

Dari kutipan kalimat di atas, semuanya dimulai. *apeu*. Akhirnya kakak saya memutuskan untuk mencari 2nd-nya di OLX. Buat coba-coba dulu, katanya. Singkat cerita kita sudah ketemu, dengan pemakaian baru satu minggu dan harga jual lebih murah 750 ribu dari harga baru (harga baru bergaransi distributor, tentunya). COD di fast food yang namanya tiga huruf, dan coba-coba barangnya sebelum beli.

Teledor dan awam. Saya newbie banget masalah Xiaomi ini. Beberapa hari yang lalu, saya sempat baca di timeline @SobatHAPE kalau ada Xiaomi Mi4 replika. Replika tersebut berlayar HD (bukan seharusnya Full HD) dan skor AnTuTu sekitar 20 ribu (yang harusnya >30 ribu). Berdasarkan petunjuk adminnya, saya tes pakai dua aplikasi: AnTuTu dan CPU-Z. Hasilnya? Asli. Skor sesuai yang asli, spesifikasi di CPU-Z benar. Setelah itu cek IMEI, coba kamera depan belakang, speaker, semuanya berfungsi normal. Saya masih curiga kenapa dijual murah, tapi kakak saya percaya aja dengan alasan seller yang, ngakunya, barang hadiah. Deal, kita beli, bawa pulang.

Ini Replika?

"Dek, kok suara speakernya nggak enak, ya? Coba pakai headset (A-Jays One+) juga nggak enak". DHEG. Pas saya coba sendiri, suaranya parah. Parah banget. Kok baru tahu sekarang? Iya, karena sewaktu COD, seller memilih tempat outdoor. Jadi belum terdengar kualitas speakernya, cuma tahu kalau itu berfungsi. Mulai nggak enak, saya cek di forum-forum. Oh, katanya memang begitu. Update ke MIUI6 supaya keluaran speakernya agak enakan. Okay, saya download ROM MIUI6 untuk Mi4 (yang waktu itu masih MIUI5), lalu coba install via Recovery.

File sudah benar, masuk MI Recovery, install update.zip, tekan yes, dan... "Install Failed". DHEG (lagi). Kok nggak bisa nih? Kok aneh? Akhirnya saya download banyak ROM (Global, China, older version etc). Nggak bisa semua. Sudah reset/hapus/wipe semuanya via recovery pun. Cek di hpnya, ada update, yaudah deh, update OTA aja. Setelah update sekali, lalu cek software baru, tidak ada update. Masih MIUI5. Cuma berubah seri. LAH PIYE. Stuck di MIUI5, dong?! Mulai yakin kalau ini replika.

"Masa replika sih, dek? Tapi kok kameranya bagus? Lihat deh, bagus kan?", sambil kakak saya nunjukin hasil kameranya. Bagus, lebih bagus dari Galaxy E7. Tajam, berwarna. Cuma, agak gelap di indoor. Harusnya bisa lebih terang, kalau di spesifikasinya mencantumkan apertur f/1.8 baik kamera depan maupun belakang. Waktu dicek..

Lho, kok f/2.4?

Kamera depannya malah f/2.8

Mana mungkin kameranya berubah apertur? Mungkin, kalau memang smartphone khusus fotografi, atau yang dicantumkan di spesifikasinya kalau punya variable aperture (yang Xiaomi Mi4 tidak punya). Akhirnya coba install AnTuTu dan CPU-Z lagi (lagi, karena tadinya sudah hard reset pas kesel nggak bisa update). Sambil dituntun teman yang sudah khatam sama Xiaomi, jelajah satu-satu...

Seems a bit... weird.

Sensornya kok jadi sedikit?

Qualcomm apa NVidia?


Step berikutnya, cobain AnTuTu lagi...

RAM jadi 1GB, resolusi turun ke HD.

CPU berubah jadi MediaTek.

Sensornya ilang kabeh,

Lokasi sensor inframerah sebelah lubang audio 3.5mm bening, seperti kosong.

Serial number sekenanya.

[UPDATE]

Karena adanya permintaan, berikut foto dus dari Mi4 yang saya beli.

Sama, kan?

Konklusi:
  • Ini Xiaomi Mi4 replika, dengan kualitas yang, asli deh, bagus banget. Grade A+++.

  • Seluruh spesifikasi yang ditampilkan di AnTuTu dan CPU-Z berubah setelah reset dan satu kali update OTA. Semakin dipakai, semakin "luntur". Setelah dicoba-coba lagi, processor di CPU-Z sudah bukan "Snapdragon 801" lagi, tapi "MediaTek". Aneh, ya. Masih nggak paham gimana teknologi nipunya.

  • Xiaomi Mi4 yang dibeli ini garansi distributor (Bless). Stiker garansi dan semuanya pun terlihat asli. Belum sempat dibuktikan ke service centre karena di Surabaya nggak ada, sudah tutup katanya. Tapi masa iya, asli kok nggak bisa update software, etc etc. Entah Bless palsu atau gimana, buram.

  • Walaupun resolusinya 720p, kalau ambil screenshot, resolusi screenshotnya 1080p. Hebat, bisa upscaling sendiri softwarenya. Kameranya pun bening, or, at least, lebih bagus dari kamera hp 1,5 jutaan. Layarnya juga bagus dan berwarna, lebih berwarna dari Lenovo A6000, malah.
Untungnya, penjual masih mau dihubungi dan bertanggung jawab. Xiaomi Replika berhasil dikembalikan dan uang kembali. Dia juga nggak tahu karena ini barang hadiah. Yah, kasian juga. Tapi gimana lagi.

"Mau nyari Mi4 lagi, ta? Kan sudah bisa bedain sekarang", saya nawarin.

"Nggak, dek. Males, masih trauma", kakak saya.

Membedakan Yang Asli Dengan Replika

Jadi, sebetulnya gimana caranya membedakan Xiaomi asli dengan yang replika? Begini, menurut saya. Kalau ada yang lebih mengerti dan saya salah, mohon koreksinya yaa.
  • Lakukan factory reset/wipe semua data sebelum coba. Penting, karena kalau tidak, sepertinya software si replika ini akan bekerja untuk menipu spesifikasi terus-menerus.
  • Cek spesifikasi dan kelengkapan sensor lewat AnTuTu, CPU-Z dan Sensor Box. Pastikan detil hardware sesuai dengan spesifikasi. Pastikan jumlah sensornya benar.
  • Cek seri software MIUI yang terinstall. Di gambar pertama di atas, setelah saya cari di Google, hasilnya nihil.
  • Cek hasil foto, cek resolusi dan apertur yang digunakan, pastikan sesuai. Jangan asal karena hasilnya terlihat bagus jadi tidak cek detilnya.
  • Coba keluaran suaranya. Kalau beli Mi4, bawa earphone sendiri (karena tidak menyertakan earphone dalam paket pembelian). Dalam kasus saya, pakai earphone apapun, suaranya parah. Beneran parah, nggak bisa dinikmati sama sekali, deh.
  • Cek IMEI dan serial number, pastikan sesuai dengan dusnya. Dalam kasus saya, serial number di dus dan hp berbeda. IMEI sama.
  • Di Xiaomi Mi4, karena ada infrared, harusnya ada aplikasi seperti Mi Remote. Yang Replika, tidak ada sama sekali.
  • Ponsel Xiaomi asli, pasti bisa update ROM asli yang ada di website resmi MIUI.
  • OOT: Lebih baik cari seller yang jelas, atau setidaknya bertanggung jawab kalau terjadi apa-apa. Minta garansi personal sehari, misalnya.
Dan saya baru tahu sesaat sebelum menulis artikel ini, kalau ternyata Xiaomi punya tools yang gampang banget, untuk identifikasi keaslian ponsel. Mi Verification, namanya. Tapi butuh notebook dan koneksi internet. Plus, ponsel harus dengan baterai lebih dari 50%. Begini caranya:
  • Masuk ke https://jd.mi.com/ lewat browser PC/notebook kamu.
  • Download aplikasi Mi Verification. Ada dua cara; klik tombol download lalu transfer file apk, atau scan QR code langsung dari kamera Xiaomi. Sentuh "view details", lalu download otomatis, deh.
  • Setelah terinstall, buka aplikasi "Mi Verification" di HP, pilih "Scan and Verify".
  • Reload halaman Mi Verification yang ada di browser PC, lalu arahkan HP untuk scan lagi. Arahkan terus sampai checking dan proses selesai.
  • Selesai. Kalau asli, akan muncul di layar PC.
[UPDATE 2]: Dapat info dari mas Sendy Aditya (ada di komentar di bawah), "yang verifikasi via web buat Redmi 2 seri 2014817 gak work, tapi selama belinya di seller resmi, barangnya original. buat Redmi 2 cuma dua importir resmi, Trikomsel dan Erajaya". Teman saya yang membeli Redmi 2 di ritel resmi Global Teleshop juga laporan gagal pakai Mi Verification, tertampil "Not a Mi device". Tapi jangan khawatir, karena beli dari ritel resmi, pasti barang asli dan bergaransi resmi.

[UPDATE 3]: Redmi 1s juga tidak mendukung Mi Verification (cek). Kalau memang kamu beli garansi distributor dan nggak yakin dengan keasliannya, jalan satu-satunya adalah menerapkan step-step di atas tulisan Mi Verification, ya.

Merasa proses di atas ribet? Jangan beli Xiaomi yang tidak resmi, kalau begitu. Beli aja yang garansi resmi, seperti Mi4i, Redmi 2, dan sebentar lagi, Redmi Note 2. Seperti membeli ponsel Samsung, Samsung yang asli ya yang bergaransi resmi SEIN. Jadi kalau cari barang 2nd, pastikan yang masih bergaransi, lalu tinggak cek ke Samsung Service Center resmi, deh. Lebih lanjut mengenai garansi Xiaomi, cek di sini ya.

Sekian cerita pengalaman dari saya. Semoga bisa jadi pembelajaran yang bermanfaat. Jangan sampai ada yang ketipu beli replika lagi, ya. Cukup kakak saya yang trauma dan saya yang DHEG dua kali

Comments

  1. nganu oom, yang verifikasi via web buat Redmi 2 seri 2014817 gak work, tapi selama belinya di seller resmi, barangnya original. buat Redmi 2 cuma dua importir resmi, Trikomsel dan Erajaya.

    ReplyDelete
  2. terima kasih, infonya! saya kutip yaa.

    ReplyDelete
  3. Artikelnya bagus, masih fresh hari ini, thanks infonya, guna banget buat yg awam ngebedain asli atau aspal

    ReplyDelete
  4. Barang resmi pun, saat dites Antutu, kadang tidak dikenal. Tapi biasanya ada notifikasi untuk update OTA, dan setelah update OTA, bisa dikenali oleh si Antutu.

    Btw, nice posting. Selama ini cuma denger ada yang replika dan palsu, tapi belum nemu yang bisa nulis dengan runtun.

    ReplyDelete
  5. wah, baru tahu juga. ini juga ada notifikasi update, dan setelah update + reset, malah harus download 3D plugin buat tes Antutu lagi (ditunggu satu jam koneksi 6mbps, ngga kelar-kelar). sama-sama, terima kasih infonya. :D

    ReplyDelete
  6. Artikel yang berguna, takbantuin share ya.

    Terus sekarang masmu pake apa? Samsung?

    ReplyDelete
  7. Terima kasih, masmol. Iya, untung kemarin ngga langsung dijual dan diformat dulu.

    ReplyDelete
  8. Ane salah satu orang yang beruntung dapet Mi4 ori garansi bless, pertama kali ane dateng ke toko dikasih dus tanpa plastik dan garansi bless , ane dah curiga ini barang retur fake mau coba dijual lagi, trus ane minta yang masih diplastikin dan garansi bless lagi,dengan nekat ane ambil trus ane utak atik si hh dengan cpu-z, mi identifier lolos, langsung hantem update rom ditokonya alhasil mi4nya asli :D

    ReplyDelete
  9. Mantap! Boleh juga tuh, update ROM langsung di toko. Kalau memang niatnya kepengin Mi4, biarpun repot tetep dilakuin ya. ?

    ReplyDelete
  10. Infonya bermanfaat min. Jelas, ngebantu buat yg tertarik mo nyoba produk xiaomi.

    ReplyDelete
  11. Jangan panggil min, dong. :( Terima kasih yaa.

    ReplyDelete
  12. Mantab bro.. kalo mi4i banyak replikanya jg gak ya?..

    ReplyDelete
  13. makasih infonya bang , ngebantu banget nih

    ReplyDelete
  14. Bisa jadi ada juga. Tapi kalau Mi4i kan tinggal cari yang bergaransi resmi, beres. ;)

    ReplyDelete
  15. […] Kasus ini mengemuka setelah seorang blogger asal Surabaya bernama Prasetyo Herfianto menuliskan pengalamannya mendapatkan produk ponsel Xiaomi palsu. Postingan tersebut bisa dibaca melalui tautan berikut ini. […]

    ReplyDelete
  16. […] pengalamannya mendapatkan produk ponsel Xiaomi palsu. Postingan tersebut bisa dibaca melalui tautan berikut ini. Dalam postingan blog yang dibuat Minggu (6/9/2015) lalu itu, dan dikutip KompasTekno, Prasetyo […]

    ReplyDelete
  17. Kalo mau bedain xiaomi ori atau replika gampang kok bro,,, caranya di cek lwat fastboot (power+vol down) yg bergambar mi bunny lg grepe2 robot ijo,,

    Atau

    Lewat mi recovery (power+vol up) atau lewat updater - reboot to recovery,, nah disitu ketauan kalo recoverynya pake mi recovery 2.0.1,, insyaallah ori,,.

    But nice article bro,, jangan kapok pake xiaomi yaa

    ReplyDelete
  18. Updatenya kemarin lewat recovery, mas Nizwan. Dan recoverynya pun sama, Mi Recovery 2.0.1. Cuma pas install update.zip, langsung "install failed". Lainnya mirip banget.

    ReplyDelete
  19. […] Pengalaman Prasetyo menemukan ponsel Xiaomi palsu bisa dibaca lewat blog-nya di tautan berikut ini. […]

    ReplyDelete
  20. […] JAKARTA, KOMPAS.com - Produk Xiaomi tiruan yang beredar di pasaran ternyata cukup sulit dibedakan dengan perangkat aslinya. […]

    ReplyDelete
  21. […] untuk keterangan lebih lanjut, anda bisa melihat blog nya disini […]

    ReplyDelete
  22. […] masih ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menguji keaslian perangkat Xiaomi. […]

    ReplyDelete
  23. […] masih ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menguji keaslian perangkat Xiaomi. […]

    ReplyDelete
  24. […] JAKARTA, KOMPAS.com - Terkait ponsel Xiaomi tiruan yang beredar di Indonesia, General Manager Xiaomi South East Asia Steve Vickers telah mengetahui kasus tersebut, dan mengutarakan pendapatnya. […]

    ReplyDelete
  25. […] Pengalaman Prasetyo menemukan ponsel Xiaomi palsu bisa dibaca lewat blog-nya di tautan berikut ini. […]

    ReplyDelete
  26. Thanks kang,
    review plus tips & triknya bisa jd acuan sebelum memutuskan membeli....

    ReplyDelete
  27. Terima kasih ya. Semoga bisa membantu. :)

    ReplyDelete
  28. biasanya produk replika di HP nya sudah terinstall antutu dan cpu z, klo di lihat dari aplikasi bawaan itu spesifikasi dan score akan kelihatan sama dengan barang aslinya karena dua aplikasi itu juga sudah dimodifikasi sama yg buat barang replika. So...solusinya kalo mo liat spesifikasi dan score antutu yang sebenarnya, bisa hapus antutu dan cpuz bawaan kemudian install lagi aja antutu dan cpuz nya dr playstore

    ReplyDelete
  29. Di replika yang saya beli, nggak ada bloatware sama sekali (seingat saya, yang pasti dua aplikasi itu tidak ada). Sama seperti smartphone Xiaomi dengan ROM global. Kedua aplikasi itu saya download dan install dari Play Store langsung.

    ReplyDelete
  30. Saya juga pengguna xiaomi mi4 yg memang barangnya ga dijual resmi di indo. Sebenernya xiaomi punya spesifikasi masing2 dari tipe hp nya itu sendiri, tergantung dari pilihan carrier & network setahu saya. Kebetulan saya beli yg mi4 pilihan carrier china unicom dengan ram 2 GB. Memang paling enak sih beli xiaomi yg udah dijual resmi di indo seperti mi 4i/ redmi 2. Ya namanya kalo ngebet beli yg mi4 mau gimana lagi haha. Ya salah satu cara menghindari dari xiaomi aspal yg pertama buat janji dulu sama penjual kalo barangnya fake bisa retur uang kembali. Kedua sekarang sih udah ada mi verification app jadi pas beli langsung donlot itu aja trus ikutin instruksinya wkwk. Ketiga biasanya xiaomi aspal udah canggih2 dan udah ada app benchmark yg langsung ke install pas baru beli. Siasatnya di uninstall benchmark bawaan soalnya udah diprogram supaya nampilin hasil yg keliatan asli baru abis itu download di playstore. Keempat kalo mau beli barang yg emang ga dijual resmi di indo ya cara yg paling aman lewat importir resmi. Punya saya resmi dari GMT dan temen saya juga punya Moto G garansinya GMT juga. Didalemnya ada kartu garansi resmi dari sana. Kelima pas beli langsung update ke ROM yg paling baru soalnya mi4 kalo baru beli masih pake yg v5. Yg asli bisa dicek di mi updater bawaan dan langsung keluar yg v6.x. Kadang2 abis di upgrade rom yg keluar di system information sedikit beda pas di rom yg lama. Kasus seperti saya pas masih v5 tulisan devicenya MI4 LTE, pas v6 jadi MI4 LTE-CU?. Terakhir yg harus diperhatiin pas beli hp xiaomi khususnya kalau belinya ga di distributor resmi/web xiaomi indo langsung, cek network supportnya. Di indo jaringan 4G yg bisa dipake ada di 800 MHz sama 2100 MHz dan bisa disupport sama device yg support FDD LTE. Network di china supportnya yg TDD LTE di 2300 MHz. Jadi kalo beli yg FDD soalnya nanti ngaruh ke jaringan 3G juga. TDD LTE ga support 3G di Indo jadi yg bisa dipake cuma 2G nya aja?. Masa udah 4G gabisa dipake 3Gnya juga gabisa dipake kan sedih?.

    Intinya kalo beli xiaomi harus awas karena yg xiaomi aspal build quality sama softwarenya udah ngedeketin bgt sama aslinya. Jangan tertipu sama produk xiaomi yg harganya jauh lebih rendah dari harga pasar. Xiaomi kan udah termasuk murah dibanding kompetitor dengan spec setara masa nyari yg kebih murah lagi?. Kalo ada masalah langsung tanya2 aja di forum xiaomi indo yg komunitasnya emang udah gede. Nice post nih bisa buat warning bagi calon pengguna xiaomi device lain ☺

    ReplyDelete
  31. terima kasih untuk sarannya yang sangat lengkap, mas Aryo. beberapa poin sudah saya terapkan, cuma, saya terapkan setelah membeli. saya sendiri nggak meminta garansi personal (karena kalau saya jual hp bekas pun, saya enggan). beruntungnya, penjual ini malah menawarkan. juga, harga cukup murah karena barang dalam kondisi 2nd. saya sebut lebih murah 750rb, itu dari harga baru yang saya lihat sekitar 4 juta (walaupun di Tokopedia ada yang jual 3,750). saya sudah warning kakak saya, tapi karena beliau tetap ingin beli, ya sudah, terjadilah semua ini.

    kemarin saya sudah tanya dengan teman yang gabung sebagai MiFans. dan karena bukti sudah cukup, jadi belum sampai mengunjungi forum. tapi terima kasih sekali lagi untuk informasi dan sarannya. :)

    ReplyDelete
  32. saya beli di lazada... kira kira pasti original tidak ya om ?

    ReplyDelete
  33. Ebuset niat banget yaa bikin hape replika sampe segitunya? Aku makin curiga ini hape anak kamar sebelah palsu juga :o Harus di share nih!

    ReplyDelete
  34. Belum tentu. Kalau tidak salah yang saya lihat di timeline Twitter saya dulu, belinya di Lazada. Tapi bisa di-refund. Cek aja. :)

    ReplyDelete
  35. Wah..untung ane dapet Xiaomi mi4 nya asli, warna item lagi. waktu itu dapet di tokopedia.
    Sempet ragu jg awalnya, bgitu barang dateng, cek IMEI, S/N, Updater (langsung saya update Global ROM), theme store, install dan cek CPU Z+antutu..Alhamdulillah ternyata semua lancar dan asli.

    Trit nya informatif om..thanks sharingnya

    ReplyDelete
  36. waah, kece tuh kayaknya, kalau hitam. syukurlah kalau asli. :)

    ReplyDelete
  37. apakah garansi TAM itu bisa memastikan asli/bukan ?

    ReplyDelete
  38. kalau belinya di ritel resmi seperti Erafone, Global Teleshop, Sentraponsel dan Okeshop, sudah pasti resmi. kalau garansi TAM, kan tinggal dibuktikan di service centre. :)

    ReplyDelete
  39. Blog yg menarik !
    Yg saya aneh, anda blogger kenapa seperti gaptek yah ? Sorry for that.
    Xiaomi samsung dan brand terkenal lainnya sudah memiliki preventif mencegah hal ini dengan punya aplikasi yg bs download lgsg dr android dan di tes untuk cek asli apa gak nya. Xiaomi punya antifake.apk, Samsung byk di playstore.
    Saran saya sih anda byk membaca sebelum membeli sesuatu. Anda blogger seharusnya bisa mendapatkan info itu disekitar anda, kalau anda mau mencarinya. Sukses selalu untuk anda. Salam.

    ReplyDelete
  40. Penjelasannya singkat dan jelas.

    Mending beli Mi4 di web resminya. Katanya sih bisa. Tinggal minta tolong sama orang yang kebagian jatah di negaranya.

    ReplyDelete
  41. Halo, mas Kiran. First of all, saya nggak pernah mengaku blogger. Seperti yang mas Kiran lihat, postingan artikel saya di sini saja hanya kurang dari sepuluh. Saya masih belajar menulis di sini.
    Yang kedua, untuk aplikasi Anti-Fake, apa bisa digunakan untuk mendeteksi semua produk Xiaomi? Yang saya baca di sini: en.miui.com/thread-29652-1-1.html, aplikasi tersebut tidak bisa digunakan untuk MiPad, dan tidak disebutkan sama sekali untuk Redmi Note 2. Plus, beberapa user tidak bisa install di Redmi Note dan Redmi 2 varian tertentu. Saya anggap, peran Mi Verification di sini hampir sama. Dan keduanya tidak bisa dijadikan acuan satu-satunya. Bagaimana untuk pembeli Redmi 2 asli yang masih tidak yakin dengan keasliannya, padahal membeli dengan garansi resmi, hanya karena setelah diidentifikasi memunculkan hasil "not a Mi device?". Maka dari itu, saya tulis step lain. Koreksi jika saya salah ya.
    Ketiga, untuk Samsung, bisa mas Kiran sebutkan, aplikasi untuk cek keaslian ponsel Samsung di Play Store? Supaya pembaca di sini dan saya bisa sarankan ke orang awam lain untuk mencegah kesalahan beli. Yang saya sebutkan di artikel ini hanya cara yang paling mudah (menurut saya), yaitu dengan cek garansi ke Samsung Service Centre.
    Sekali lagi, saya tidak pernah menyebut diri saya blogger. Itu hanya oleh artikel yang ditulis oleh portal berita luar, bahkan beberapa tanpa sepengetahuan saya. Saya mendapatkan info untuk cek keaslian ini, selain dari pengalaman sendiri, juga dari teman saya yang (juga) dibantu oleh komunitas Mi Fans.
    Terima kasih untuk semua saran dan infonya. Sukses juga untuk mas Kiran. :)

    ReplyDelete
  42. Terima kasih, mas Jamal. Kemarin saya tanyakan lagi ke pihak Xiaomi. Yang mulanya saya kira akan memberi jawaban template, ternyata tidak. Diperkirakan Mi4 akan masuk ke sini secara resmi, tetapi dalam jumlah yang terbatas. Solusi yang bagus untuk mencegah salah beli. :)

    ReplyDelete
  43. Mas Pras, aku pake xiaomi redmi note 2. aku mau ngecek asli atau palsu. Aku sdh coba Masuk ke https://jd.mi.com/ lewat browser PC/notebook, Download aplikasi Mi Verification. Setelah terinstall, aku buka aplikasi “Mi Verification” di HP, pilih “Scan and Verify”.
    aku reload halaman Mi Verification yang ada di browser PC, lalu kuarahkan HP untuk scan lagi, terus sampai checking dan proses selesai. tapi di PC tidak muncul hasilnya. pernah keluar tulisan checking.....sejam gak keluar hasilnya. aku chek lewat CPU Z kok SoC nya media tek ya? apa xiaomi redmi note ku palsu? mohon pencerahan. suwun

    ReplyDelete
  44. Waktu tulisan "checking", coba tetap arahkan hp ke barcode, nanti sekitar lima detik, tampilan di PCnya jadi berubah (bukan checking lagi). Wah, mas Assidiqqi sebelum membeli Redmi Note 2, tidak cek spesifikasi lengkap, ya? Redmi Note 2 memang menggunakan SoC MediaTek (Helio X10, atau kalau di CPU-Z, "MT6795"). :)

    ReplyDelete
  45. makasih infonya Mas..... aku kebetulan beli redmi note 2 gak ngecek dulu Mas. Panik karena habis kecopetan.....pas di konternya dibilang ini baru keluar 2 hari.....tanggal 22 Agustus 2015. Aku baru sadar pas di rumah, buku panduannya kok bahasa china semua. aku cek di CPU-Z MT 6795 1.95 GHZ. Modelnya kok Redmi Note 2 (hermes)? ngecek helios X10 dimana ya. maklum gaptek. Suwun

    ReplyDelete
  46. wih mantab, saya juga baru mau jajal beli xiaomi.
    btw mas itu redmi note 2 ada slot msd nya gak ya? kepengen juga tapi kepeontok di masalah itu. suwun

    ReplyDelete
  47. Model beserta codenamenya memang betul seperti itu. Helios X10 ceknya di halaman web resmi Redmi Note 2.

    ReplyDelete
  48. Jajal aja, mas Abdul. Redmi Note 2 ada slot microSDnya, kok.

    ReplyDelete
  49. orang awam udah pasti ga sadar kalo dapet kw yg gini..

    ReplyDelete
  50. Betul. Karena benar-benar bagus. Dulu, jaman Nokia N73 ada replikanya, dari tampilan menu aja sudah kelihatan, apalagi kameranya. Kalau ini, kameranya bagus, terutama kamera depan. Sangat bening, walaupun tidak seterang Galaxy S6 dan LG G4.

    ReplyDelete
  51. nice share mas, semoga dengan postingan ini gak ada lagi yg ketipu, kalo emang sengaja cari KW yah setidaknya sudah terbukti ada replika kw super model gini dgn spek seadanya :)

    ReplyDelete
  52. sayangnya, baru saja ada temen yang tertipu juga (cek: https://twitter.com/prasetyoh/status/643434647574020096). kalau sengaja cari KW mah harusnya setengah harga baru ya, bukannya seharga yang asli. *kusut*

    ReplyDelete
  53. wih ternyata build quality yg abal2 sudah mirip banget sama yang asli ya. apa mungkin karena negara asal pembuatnya sama? kemarin saya sempet beli redmi note 4g dual sim, harganya dibawah redmi note yg 3g. pas cek antutu score cuma 20rban, trus ternyata namanya bukan redmi note tapi xiaomi Gucci. kirain ketipu, ternyata emang xiaomi gucci itu nama panggilannya Xiaomi Redmi Note 4g dual sim, dan udah cek di mi verification hasilnya asli. xiaomi...xiaomi... banyak banget variannya, sampe bingung sendiri.

    ReplyDelete
  54. Tiap handphone memang ada codename/kode namanya, mas Jin (?). Lumia 800 Sea Ray, Lumia 920 Phi, Lumia 1520 Bandit, etc. :D

    ReplyDelete
  55. wah beli dimana itu mi4nya mas? lg ngebet beli xiaomi nih haha

    ReplyDelete
  56. Thanks. Sangat berguna sekali cuz secara kebetulan saya mau beli Xiaomi

    ReplyDelete
  57. Ass. Mas Pras, nice article.
    Skrg sy pake mi3 puwasse poll dan mo up grade ke mi4, maaf kalau terlewat, dr pembahasan diatas ga ada yg ngebahas dus nya gmn mas, apa seperti yg asli? (seperti penampakan di web aslinya or gsm arena)..thanks

    ReplyDelete
  58. wah, mau beli Xiaomi apa nih, mas Dafi? :)

    ReplyDelete
  59. hi, mas Dodi. barusan saya upload foto dusnya. sisi lainnya persis seperti yang asli. :)

    ReplyDelete
  60. Hehe lucu bc komennya. Ternyata banyak yg ga tau redmi note 2 emang mediatek. Kalau redmi note 4g pertama tuh ada qualcomm.

    Buat hp mid dan low lebih baik mtk aja. Qualcomm jagonya di hp high end

    Saran Pakai saja oneplus one 16gb. Bisa lte, garansi resmi, sama2 ram 3gb seperti mi4.

    Kamera lumayan kok. Sy ga tau sebening apa mi4 tp untuk sepantarannya ud bening

    ReplyDelete
  61. Tapi kalau hp mid-end dengan Snapdragon 615 menarik juga buat saya. Harusnya baterai bisa lebih irit. Sayangnya kakak saya tidak suka modelnya OnePlus One. Sudah pernah saya sarankan itu. Bagus memang. :)

    ReplyDelete
  62. Infonya hebat, Mas Pras.. Saya sih pake Redmi 2 dari LZD, belum pernah Mi Verification sih.. ehehehe :) InsyaAllah resmi tapi.. Oh ya, Redmi Note 2 Mas Pras MIUI 7-kah? Saya MIUI 7 Beta, tapi mau ganti ke CyanogenMod 11 :)

    ReplyDelete
  63. Terima kasih, mas Hafizh. Kalau sudah terinstall MIUI 7, pastinya asli. Masih pakai MIUI 6 resmi, nih. Sudah mulai penasaran sama MIUI 7, cuma belum ada waktu luang dan sedang dipakai sebagai hp utama. Kenapa ganti ke CM11?

    ReplyDelete
  64. Mas pras.. dapet beli redmi note 2 dimana?infonya dong.. butuh pencerahan yang sperti ini..

    ReplyDelete
  65. Saya beli di Plaza Marina, Surabaya. Kalau di Jakarta, yang saya tahu terpercaya ada dua toko di Tokopedia; "KedaiHP" dan "oceanic". Keduanya ada toko offline. Cek aja dulu akun Tokopedianya. :)

    ReplyDelete
  66. oke om, makasih informasinya..

    ReplyDelete
  67. ah berita hangat dan pas banget, soalnya lagi cari2 xiaomi note 2 karena xiaomi redmi1s di tawar temen karena keAslianya cap erajaya, haha *sombong yak :)*
    nah setelah booming flashsale 1 tahunlalu itu banyak tipe2 xiaomi masuk, Nah rumor xiaomi i plasu pun berkembang.yang hi end dan ada yang bilang merk china pun di KWin juga, dahsyat memang tiongkok, ngejak gelut negoro dewe rek.
    mending KWin merk advan, atau Imo atau cross gitu kek biar murah tambah murah kejangkau masyarakat desa.
    melalui blog ini, ane yg dulu sering ngerom MIUI jadi terbuka pikiran.
    oalnya sebelu punya xiaomi, ane juga make Himax yang katanya xiaominya Indonesia dan bisa di ROM miui juga

    ReplyDelete
  68. Terima kasih, mas Surya. Yang pasti saya ndak ngajak gelut sama Xiaomi, karena pakai Redmi Note 2 juga. ?

    ReplyDelete
  69. Wah...makasih buanget infox...
    sy jg br mau beli xiaomi jd bisa lebih waspada nih.
    klu redmi 2A ada yg aspal jg gan?

    Makasih infox gan
    Semoga sukses selalu.

    ReplyDelete
  70. Setahu saya, yang banyak replikanya cuma Mi4. Tapi katanya dari jaman Redmi 1S pun sudah ada replikanya. Hati-hati aja, apalagi Redmi 2A tidak resmi masuk sini, kan....

    ReplyDelete
  71. Maknyus dah infonya mas pras..,
    saya lagi cari cari info mau beli MI4...taunya mampir diblognya mas pras...soalnya kt ny ada masalah sama 4Gnya indo..ada cara buat bedain ga mas anatara MI4 sama MI4 LTE
    ditempat saya ada toko ponsel yg jual MI4 2.750 jt,,jadi was was..
    wkwkwkwkwk..

    ReplyDelete
  72. Di Tokopedia ada dua toko yang terpercaya dan ada offline storenya: "KedaiHP" dan "oceanic". Keduanya jual Mi4 3G harga 2,8jt dan Mi4 4G harga 3,6an jt. Kedua toko ini biasanya harganya udah paling murah. Kalau ada 2,75, ya dibuktikan aja keasliannya waktu beli. Minta kesepakatan sama sellernya. :)

    ReplyDelete
  73. Saya barusan ngalamin persis sama yang dialamin mas pras. Garansinya juga (BLESS). update via updater gagal, recovery gagal, fastboot "miflashtool" gk detect.
    Untungnya sipenjual mau balikin uangnya, cuman yg bikin saya nyesel, saya uda kadung jual redmi note (tukar tambah) dan uda kadung dibeli orang rugi 300an deh

    ReplyDelete
  74. Wah, udah terlanjur jual hp ya. Jualnya berapa itu, Mi4nya? Kalau masih cari, di Tokopedia aja, toko "KedaiHP" atau "Oceanic". Terpercaya.

    ReplyDelete
  75. Ya masih lumayan tinggi mas, kan acaranya (tukar tmba). Turun 300an dari saya beli 2bln lalu.
    Emang mas pras skarang uda dpet yang ori? Dmana tmpatnya mas? Hrganya brapa?

    ReplyDelete
  76. Kakak saya waktu beli Mi4, hp lamanya belum dijual. Jadi sekarang masih pakai hp lama, masih trauma katanya. Walaupun saya kasihtau dua toko terpercaya yang tadi...

    ReplyDelete
  77. Di Surabaya bisa coba di Marina lt. 2, dekat eskalator, sebelah Las Vegas. Saya beli Redmi Note 2 di sana.

    ReplyDelete
  78. Mau tanya dong juragan ..
    Saya pake mi4 masalah nya gini .. Tiap buka kamera depan suka otomatis langsung kembali ke menu utama .. Knapa yaa padahal udah di reset beberapa kali tp tetep tiap mau ke kamera depan langsung kembali ke menu utama ... Ada yg tau solusi nya tolong di bantu .. Makasih

    ReplyDelete
  79. Mas numpang nanya nih sy 4 bln yg lalu dibeliin hp mi4 ga liat liat keaslian dlu,nh trus ni skarang sy baru tau hp sy palsu hbs baca artikel ni. Nah jd sy mo balikin k penjualnya d bjm kalsel nih, yg sy tanyakan klo wipe data itu reset jd kayak baru beli gitu ya?(sy udh kelanjur banyak data penting di dalemnya mas, blum lagi foto,app dll) :'( jelasinnya pk bahasa gaptek aja mas ya soalnya sy gaptek akut :D

    ReplyDelete
  80. Hi, mas Wahyu. Turut berduka ya. Cuma kalau sudah empat bulan, saya yakin yang jual nggak mau dibalikin hpnya. Pemakaian satu hari pun seller ada hak untuk menolak, apalagi memang sudah jabat tangan/tidak ada garansi personal. Tapi kalau mau coba balikin... ya gpp deh, coba aja. Iya, jadi baru, semua data hilang. Data penting dipindah ke PC dulu aja, pakai kabel data.

    ReplyDelete
  81. Langsung dibawa ke service center resminya aja, sesuai garansinya.

    ReplyDelete
  82. Mmm....oh iya mksh infonya mas. Sy td baru nelpon ke toko penjualnya ktnya ga bisa dituker lagi,klo mau jdnya tukar tambah ktnya :'( mnrut mas klo d posisi sy (ni lagi ad duit ceritanya) sy mending tkr tambah ganti hp lain atau tuker tambah jd mi4 lg tp yg ori? Masalahnya kan klo mi 4 ktnya masih kitkat ya? Soalnya ad app yg hrs lolipop mas trims.

    ReplyDelete
  83. Iya, pasti nggak mau tokonya. Mi4 mendukung Lollipop kok, via update MIUI7. Tergantung kebutuhan, sesuaikan dengan budget yang ada.

    ReplyDelete
  84. wadau...punya saya replika ternyata....hedehhh

    ReplyDelete
  85. MIUI7-nya belum Lollipop juga, kah? Belum final sih ya...

    ReplyDelete
  86. Mas, mau nanya nih . itu pas di Mi Verification kan redmi note 2 nya asli tuh .
    Itu berarti ada garansi resminya kan kalo bisa verifikasi ?
    Kalo boleh tau, mas beli redmi note 2 garansi resmi itu dimana ya ?
    Di sby apa sudah ada ? Trims ..

    ReplyDelete
  87. Redmi Note 2 saat ini belum dirilis global, dan belum masuk sini secara resmi. Yang saya pakai ini garansi distributor (barang asli, tapi barang luar dan diimpor oleh distributor tertentu). Yang garansi resmi konon mulai bulan depan baru akan dijual, biasanya online. Kalau tidak sabar, ini saya beli di Plaza Marina, lt. 2, persis sebelah konter Las Vegas.

    ReplyDelete
  88. Bener persis dengan yang saya beli di toko City Sellular Plaza Atrium Senen sebulan yang lalu,Mas..saya nyadarnya tuh hp ini lemot banget utk ukuran proc 2.5 ghz..nah pas saya cek pake Antutu, geekbench sama cpu-z, emang bener2 dah saya ketipu. Akhirnya kemarin saya komplain ke penjualnya, eh penjualnya malah nyuruh saya ke distributor buat komplain. Saya kan taunya bayar ke dia, eh dianya malah ngomong kalo dia juga ngambil dari tempat lain..emang kalo dasarnya mau nipu tu emang ngelesnya pinter bingit..Sebenernya dia mau nolongin buat ngurusin ke Bless (penggantian) n minta hp saya ditinggal..tapi saya dikasih tuker sementara hp uzur yg ga jelas gitu..Trus pas saya tanya kira2 kapan penggantiannya kelar eeehh lagi2 dia ngeles ga tau kapan jadinya..Walhasil saya pulang dengan mengikhlaskan barang palsu di tangan saya..hehehe..
    Tp gpp ding, palingan si empunya Toko City Sellular Plaza Atrium Senen udah bangga bisa nipu orang..
    Note: hati2 buat juragan2 yang mau belanja di toko ini ya..manatau dikibulin lagi sama yang punya toko..hehe..belanja di tempat yang resmi aja dah..*di Indonesia dimana yak???*

    ReplyDelete
  89. Terima kasih sudah sharing infonya, mas Adi. Itu bisa nipu, bisa nggak (tapi tokonya memang nggak tanggung jawab). Karena toko "KedaiHP" yang ada di Tokopedia (yang jg ada toko offlinenya) juga komentar "tembus barang replika". Nggak tau maksudnya tembus gimana, tapi mereka mau ganti sih barangnya, dan tanggung jawab.

    ReplyDelete
  90. Tulisannya bagus banget om, sangat membantu bgi para pengguna xiaomi. Sya juga pakai xiaomi mi4 lte, tp sayang tipe tdd, di indo cmn mentok jaringan di edge doang.. pake hotspot baru bisa ngebut.
    Mau nanya ni om, klo miui v6 ga bs update ke lolipop ya ?

    ReplyDelete
  91. Bisanya lewat MIUI7 kan, yang sekarang masih developer ROM. Belum stable. (kurang tahu juga karena Note 2 MIUI6 sudah Lollipop) (dan belum coba MIUI7 dev ROM). ?

    ReplyDelete
  92. Ane juga pernah ketipu
    Ane balikin ke yg jual

    Tambahin satu lagi gan....
    Pas di uji perangkat keras atau cit mode banyak yg gak jalan
    Sama pencetannya bukan kernel 7x
    Ane lupa apa wktu itu

    Cpu z load cpu nya mentok gak naik turun juga

    ReplyDelete
  93. makasih mas . sangat membantu sanget

    ReplyDelete
  94. mas klo ak niatnya mau beli online di tokoped** yg jual resmi masih aman kan ? takutnya kena replika jg ni ngeri bayangin nya

    ReplyDelete
  95. Sudah pasti aman kalau belinya di toko yang sudah banyak terjual, dalam hal ini KedaiHP dan oceanic. Kalau yang lainnya, harusnya aman. Kalau pesanan tidak sesuai bisa dilaporkan sewaktu konfirmasi barang diterima.

    ReplyDelete
  96. Xiaomi Redmi note 2 untuk 4G nya TDD dan FDD itu gmna ya maksudnya?
    Kenapa untuk redmi note 2 ini hanya bisa 4G Bolt dan Smartfeen saja,ga semua brand seperti Telkomsel dan XL
    Dan Rom nya masih versi cina bagaimana cara flashing nya.thanks

    ReplyDelete
  97. Beda TDD dan FDD: m.detik.com/inet/read/2015/01/19/093643/2806804/1569/apa-perbedaan-fdd-lte-tdd-lte-lte-advanced--4g- | ROMnya masih versi Cina karena Redmi Note 2 belum dirilis secara global, salah satunya Indonesia.

    ReplyDelete
  98. Maaf mau tanya.. mas pny redmi note 2 asli belinya dmna.. sy pengen beli tp jd ragu2 setelah baca2 tentang garansi ponsel yg tdk resmi.. thx

    ReplyDelete
  99. Saya beli secara offline di Plaza Marina, Surabaya. Nggak perlu khawatir harusnya. Kalau beli offline, bisa tes pakai metode di atas, minta kesepakatan dengan toko. Kalau beli offline, bisa di toko rekomendasi saya di komentar-komentar di atas. :)

    ReplyDelete
  100. saya punya redmi 1s..garansi distributor(bless)..harga lebih murah 180rb dari garansi resmi(tam)
    IMEI ga cocok sama yg di dusbox
    prtama beli masih pake rom china..trs saya gnti rom global..sudah hardbrick 1x,bootlop3x..alkhdllh ga perlu ke tmp service bs hidup lg.. ga tau asli atau palsu tp speknya sesuai
    pengalaman tmen jg..beli redmi baru sudah trinstal cwm..mungkin importir yg masang buat masang gapps,coz redmi asli dr china ga ada layanan googlenya

    (nb: imei asli bs rusak/hilang jika kita sering ngoprek system)

    ReplyDelete
  101. Di sini yang ditekankan adalah IMEI berbeda tidak selalu palsu, ya? Tapi kalau bisa ganti ROM pakai ROM asli, berarti asli. Dalam kasus saya, ROM resmi tidak pernah bisa diinstall.

    Redmi Note 2 saya juga terinstall ROM custom dengan bloatware. Tapi IMEI sama, sih...

    ReplyDelete
  102. mas kalo boleh tau toko yang jual redmi note 2 apa ya mas di Plaza Marina, Surabaya

    ReplyDelete
  103. Lt. 2, persis sebelah Las Vegas dekat eskalator. Tokonya banyak jual aksesoris.

    ReplyDelete
  104. Makasi infonya, kalau beli di elevenia aman ga sih mi4 nya garansi distributor WII, yg beli uda sampe 300an. Pengen mi4 tapi jadi agak takut dapet yang replika :(

    ReplyDelete
  105. Mas, saya beli Redmi2Prime garansi resmi Erajaya di konter hp. No.Serial Number (SN) di dus & dan di layar hp berbeda. Di dus 12digit, di layar 8digit. Sedangkan No.IMEI cocok semua. Saya luput perhatikan (SN) waktu beli. Nggak ada gejala aneh di hpnya, antutu, sensor box dan performa juga sesuai. Pertanyaannya:
    1.Apa Redmi2Prime bisa dicek asli/enggaknya di website Xiaomi?
    2.Apa No.SN berbeda normal pada produk2 hp xiaomi?
    Tks mas.

    ReplyDelete
  106. info yang saya dapat dari beberapa orang, barang distributor WII yang paling aman. kalau Bless, baru patut waspada. :)

    ReplyDelete
  107. kalau belinya garansi resmi Erajaya, nggak perlu khawatir. sudah pasti asli. saya kurang tahu perihal SN. mungkin normal aja untuk Xiaomi, karena ya, gimana, dari distributor resmi dan normal aja kan, hardwarenya.

    ReplyDelete
  108. Salam.. Mas/mba setelah saya baca2 saya banyak ga paham gimana cara cek keaslian dr hp Xiaomi, saya barusan beli mi4 di Roxy Jakarta garansi WII, bisa saya minta kontaknya mas/mba? Mohon maaf sebelumnya, trimakasih

    ReplyDelete
  109. halo, mas Adit. harusnya kalau sudah baca-baca, sudah paham cara cek keasliannya ya. dan biasanya yang replika kebanyakan yang bergaransi Bless. saya "mas", by the way.

    ReplyDelete
  110. Saya mau beli redmi note 4G dengan garansi BCell , dengan harga 1,7an.. gmn ya?

    ReplyDelete
  111. Ya beli aja, mas. Jangan lupa cek keaslian saat membeli nanti.

    ReplyDelete
  112. garansi juga ada yang palsu.. jd ga ngefek bless apa kaga. ane dah beli mi4 bless yg palsu sama mi4 bless yg asli, yg palsu ane refund.

    ReplyDelete
  113. Noted. Terima kasih infonya ya!

    ReplyDelete
  114. Br kmren aku jga kena gan. Ane udah yakin barang palsu. Cm si penjual blang ini asli. Dia ngakunya lg bth bget. Ane cek si emang bnr ini brg palsu. Stlah itu nmer si penjual gak aktif. Jd bingung. Kondisi barang ancur lagi.. Apess. Mo lapor polisi bingung gan

    ReplyDelete
  115. Kalau device OS-nya bisa diupgrade ke MIUI7 (dari MIUI6 bawaan) lewat MI PC Suite, apakah bisa disimpulkan xiaomi asli? :)

    ReplyDelete
  116. Halo mas, saya mau tanya, kalo saya root dan custom rom xiaomi saya apakah pas dibawa untuk klaim garansi (WII) masih bisa?

    ReplyDelete
  117. Yah... Lainkali lebih hati-hati gan. Cek keasliannya langsung saat proses beli, supaya bisa dibuktikan sama-sama.

    ReplyDelete
  118. Harusnya sih bisa ya. Karena yang palsu (yang saya pernah beli), softwarenya tidak cocok, baik dev ROM, global stable, maupun China stable.

    ReplyDelete
  119. Setahu saya, kalau sudah root, garansi tidak berlaku.

    ReplyDelete
  120. Apaan punya saya redmi note 2/dr WII preinstallednya byk malware.... Capeee dehhhh.

    ReplyDelete
  121. Kalau cuma ada bloatware tambahan, tinggal flash ROM ulang. Yang lain bisa layarnya kekuningan, kaca layar bagian bawah kanan kurang rapat, back cover tidak rapat dan bunyi kalau ditekan-tekan. Lebih capek lagi, deh.

    ReplyDelete
  122. gan saya mau beli xiaomi mi4 di toko handphone hapeworld cuman garansinya dari Next, kira" original gk ya?

    ReplyDelete
  123. Saya belum pernah tahu garansi "Next" nih. Ditanyakan saja itu garansinya gimana, cara klaim kalau ada masalah gimana, dan sekaligus dibuktikan sama-sama saat beli untuk keaslian barangnya.

    ReplyDelete
  124. Cara simpel ya cek via web seperti post di atas. Tapi: 1). Tidak semua tipe bisa dicek keaslian lewat metode itu, dan 2). Harus bawa notebook juga. Jadi tidak bisa dijadikan satu-satunya cara, harus cek lainnya juga.

    ReplyDelete
  125. cara simple cek asli apa ngak waktu ditoko handphone tsb gmn gan?

    ReplyDelete
  126. ooh jadi begitu, menurut agan mending beli offline apa lewat online aja lwt tokopedia di toko kedai hp?

    ReplyDelete
  127. Sama saja. Di toko offline, buktikan keasliannya saat beli. Di Tokopedia, bisa beli di oceanic/kedaihp (bandingkan saja harganya). Keduanya terpercaya, tapi bisa tanyakan dulu garansinya di kolom Diskusi.

    ReplyDelete
  128. Permisi gan,ane mau nanya,saya beli xiaomi redmi 2 dari PT WISMA INKOPAD INDONESIA bergaransi WII,apakah itu original atau palsu gan ?? mohon dijawab ya gan, terimakasih gan..

    salam
    Syawal zulfitri

    ReplyDelete
  129. Permisi gan,ane mau nanya,saya beli xiaomi redmi 2 dari PT.WISMA INKOPAD INDONESIA yg bergaransi WII,apakah itu original atau palsu gan ?? Mohon dijawab ya gan, terimakasih gan.

    salam:
    syawal zulfitri.

    ReplyDelete
  130. Original, gan. Dicek saja keasliannya lewat metode-metode yang sudah saya tulis di atas.

    ReplyDelete
  131. Permisi bang, aku udh beli terlanjur beli Mi4 garansi bless sebulan yg lalu di toko offline trus udh sya cek sperti yg abang anjurkan. Terbukti punya aku palsu dan sama persis dgn pengalaman abang.
    Dibalikin baik² takutnya yg punya toko gk terima.
    Minta usulnya dong bang!!!

    ReplyDelete
  132. mas cara hard reset xiaominya gmn ya?

    ReplyDelete
  133. terimakasih mas buat artikelnya sangat membantu...numpang tanya klo garansi the one bagus gak ya?

    ReplyDelete
  134. gan di oceanic itu garansinya bcell lo? ori nggak itu?

    ReplyDelete
  135. Mas Pras,beli redmi note 2 di plasa marina, nama tokonya apa ya? dan kena berapa? kebetulan saya disurabaya juga dan berminat sama redmi note 2,

    dan mungkin ada tips cek barangnya juga ?:)

    ReplyDelete
  136. Mas mau tanyaaaa, serial number ku di box itu 9910/40150427 nah di hp yg tercantum itu 41d3cadc itupalsu apa nggak yaaaaa?

    ReplyDelete
  137. Gan, redmi note 3 recommend gak? Sama mi4c bagusan mana? Selain dua itu, ada yang lebih bagus gak? Ditunggu jawabannya ya. Ane masih bingung mau beli yang mana

    ReplyDelete
  138. Gan saya mau beli redmi 2 di lazada tapi masih ragu",di kolom barangnya sih bergaransi resmi xiaomi indonesia 1 tahun.itu asli atau gimana gan

    ReplyDelete
  139. Gan, thx. buat infonya.
    Sy br dapat Redmi Note 2 dari LZD garansi WII.
    Nah itu, servis centernya kl di Surabaya dmn ya? di Multibrand bisa gak? trs kalo mau flash Rom yg bisa Bhs Indo, di multibrand bisa kah?

    Thx a lot. Rzky

    ReplyDelete
  140. coba dulu dibalikin ke toko. kalau toko nggak mau, ya harus pasrah dan nerimo.

    ReplyDelete
  141. tanyakan saja ke oceanic, asli atau tidak, lalu minta pertanggung jawaban kalau misalnya setelah dicoba tidak asli...

    ReplyDelete
  142. lupa nama tokonya, di lt. 2 sebelah Las Vegas. kalau baca artikel saya baik-baik, pasti tahu tipsnya. :)

    ReplyDelete
  143. kalau belinya bergaransi TAM, tidak perlu khawatir ya.

    ReplyDelete
  144. kalau dijual oleh Lazada.co.id, asli kok.

    ReplyDelete
  145. kurang tahu. nggak tahu juga Multribrand itu apa.

    ReplyDelete
  146. konon xiaomi ini garansinya unik, biarpun di-root, garansi tetep berlaku
    http://www.jagatreview.com/2014/11/hugo-barra-root-tidak-menghanguskan-garansi-xiaomi/

    ReplyDelete
  147. xiaomi biar di-root, garansi tetep
    http://www.jagatreview.com/2014/11/hugo-barra-root-tidak-menghanguskan-garansi-xiaomi/

    ReplyDelete
  148. Pengalaman yg sama,,,dan ternyata sangat gampang membedakan xiaomi asli dan palsu,,jika asli, dia akan terdetect di xiaomi PC suite, mulai dari internal sampai ke system,,, kalo replika dia cuma bisa baca internalx saja, dan system tidak terdeteksi

    ReplyDelete
  149. mas mas ,,,,,jadi yang dijual dierajaya/trikomsel produk xiaomi tu apa aja ya...................

    ReplyDelete
  150. ini kalau garansi resmi. kalau garansi distributor sepertinya belum tentu. dikonfirmasi dulu saja dengan penyedia garansi distributornya.

    ReplyDelete
  151. terima kasih atas informasinya, mas Marlo.

    ReplyDelete
  152. saya kurang tahu tipe-tipe apa aja, mas Yoyo.

    ReplyDelete
  153. info yg sangat bermanfaat, tp ane jadi ragu nih gan mau beli remi note 2 lwt toko online, soalnya yg resmi kagak masuk indo.

    ReplyDelete
  154. Nggak usah ragu, pilih aja toko online yang sudah terkenal, beberapa kali sudah saya sebut di komentar-komentar lain. Kata siapa tidak masuk? Setahu saya mau masuk, kok. Cuma lagi proses aja. Atau di-cancel?

    ReplyDelete
  155. Bagusan mana xiaomi mi4c ram3g vs xiaomi redmi note 3 ram 3gb

    ReplyDelete
  156. Sangat bermanfaat bang . oh ya saya baru beli mi3w bang . saya gk tau ini asli atau gk . setelah saya ikutin cara di atas model cpu nya beda sdkt saya bandingkan mulai CPUz sama Antutu bang . itu gimana ya ? Terus saya coba pakai mi verification itu gk bisa masuk ke alamat setelah di pindai . itu apa bang ? Mohon pencerahannya bang :) terimakasih

    ReplyDelete
  157. btw mas beli note 2 dimana?garansi apa?bless?bagus gak?saya mau beli garansi bless tapi masih ragu nih... bisa bagi ceritanya tentang note 2 bergaransi bless?

    ReplyDelete
  158. Kalo model CPU dan spesifikasi berbeda dengan yang seharusnya, ya berarti kemungkinan besar tidak asli. Bisa di-flash dengan ROM resmi dari Xiaomi nggak? Kalau bisa, ya pasti asli.

    ReplyDelete
  159. Di Plasa Marina. Bless. Back covernya kurang rapat sedikit. Menutup semuanya, tapi kalau ditekan bisa mengeluarkan bunyi seperti kurang presisi. Aman karena konter mau bantu claim kalau ada masalah (walaupun sudah +2 bulan lebih tidak ada masalah).

    ReplyDelete
  160. Dear mas pras . Klo garansi the one bagus gak . Thx untuk petunjuk"nya berguna bgt buat yang gak paham hp xiaomi kaya saya .hehehe mohon di dbls . Thx

    ReplyDelete
  161. Saya kurang tahu kalau The One, mas Hadi. Cari info aja di Google/tanya penjualnya, klaim garansinya gimana, service centrenya di mana...

    ReplyDelete
  162. Ini berguna bgt infonya.coz sya hampir sja mau kena tipu bsk mau cod mau beli hp mi4 second harganya murah. Garansi bless spekernya agak mendem .sma persis yang diinfo td.makasih bgt info nya mas

    ReplyDelete
  163. Saya beli Mi4 di PGC Cililitan oktober 2015 dengan garansi bless, saya ga punya curiga apa2 awalnya karena bentuk dan kamera oke banget tapi setelah semingguan saya pake saya agak curiga sama hp ini karena resolusi layarnya kalah bagus di banding hp asus yang 2 jutaan. Ada lagi yg lebih aneh..saya cek pake antutu dan score nya selalu sama 37414, saya liat juga ada yg pasang iklan di olx yang kasih screen shoot hasil antutu dengan score yg sama..aneh banget..setelah itu saya cek serial numbernya ternyata beda dengan dus nya, masa serial numbernya 123456789ABCD???. Saya cek lewat PC saya dan Mi said "this is not Mi device", disitu saya tambah yakin kalo saya punya kasus yang sama dengan Mas Pras. Semua kondisi yg Mas Pras sebutin di atas sama persis terjadi sama HP saya.
    Akhirnya awal desember kemaren saya bawa ke Bless buat claim, saya tulis semua keluhan nya ampe mbaknya bilang " kok banyak banget mas?" dan saya cuekin aja. Setelah 3 minggu saya di tlp katanya saya di kasih unit pengganti dan disitu saya seneng karena ternyata Bless cukup tanggung jawab. Tanggal 28 saya datang kesana buat ambil unit dan disitu saya kaget ternyata hp penggantinya itu bukan hp baru dengan kondisi layar yang baret baret. Saya bilang sama mreka saya gamau terima unit ini karena hp saya umurnya baru sebulan pake dan masih kinclong, masa mau di kasih ganti pake hp yg udah baret2. Akhirnya saya disuruh nunggu lagi..setelah nunggu 5 jam akhirnya saya memutuskan untuk pulang dan mereka janji besok hp nya di ganti dengan yang baru. Sampai dengan sekarang saya buat tulisan ini hp yg mreka janjikan "baru" masih belum ada dan pagi tadi mereka masih coba kasih saya hp bekas yang udah di tukar LCD bagian depan nya tp dengan kondisi casing yang kendor bekas bongkaran. Saya bilang sama mereka saya bisa laporin mereka ke polisi karena jual Hp replika, dan sudah menipu banyak orang. Sekarang saya lagi nunggu mereka mengusahakan cari unit baru. Wish me luck..

    ReplyDelete
  164. Waah, semoga cepat diganti baru ya, mas Panji. Kakak saya waktu itu sudah males banget, akhirnya dikembalikan (untungnya seller mau) dan sekarang sudah beli Mi4 3G, dengan garansi distributor WII. So far tidak ada kendala...

    ReplyDelete
  165. kalo beli di tokopedia yg kedai hp sama oceanic itu kan hp yg masih versi china ya mas, yg mau saya tanyakan apakah 4G nya sudah bisa digunakan?

    ReplyDelete
  166. Dulu sih KedaiHP jual dua versi, Mi4 sama Mi4 4G. Yang Mi4 2,xx, yang varian 4G lebih mahal sejutaan.

    ReplyDelete
  167. Yang paling aman mending beli di erafone dah atau yg bergaransi TAM / WII harga mahal dikit paling beda 100-150 rb tapi hati lega ga was2,.. Note: Khusus garansi bless perlu hati2 bgt,

    ReplyDelete
  168. gan, misal bli garansi distributor cara klaim klo ada problem gmna yah ? ane tdi di plasa marina sby di tawarin bless, katanya sama aja kaya tam harus klaim di jakarta. harga bless sama tam juga sama. apa di marina ga ada service centernya ? oh ya, sama mi note 2 garansi resmi dah ada belum ?

    ReplyDelete
  169. Saya kemarin beli di Marina, konternya bersedia untuk bantu klaim garansi (Bless). Kalo ada yang TAM ya jelas pilih yang TAM. Mi Note 2 belum ada, yang ada Redmi Note 2, sampai saat ini masih belum resmi. Mi dan Redmi sangat berbeda ya, jangan sampai salah ketik. :)

    ReplyDelete
  170. Saya mau tanya, kan kemarin(2/01) saya beli xiaomi note 3 di Wtc Sby. Di boxnya tertera stiker PT. Pelangi Mas Indonesia bergaransi Bless itu gimana? Resmi? Ori nggak?

    ReplyDelete
  171. Garansi resmi? Nggak, karena dari Bless. Resmi hanya TAM. Garansi distributor? Iya. Ori? Cek sendiri pakai tips di atas yah.

    ReplyDelete
  172. saya mau tanya, saya mau beli xiaomi redmi note 2 prime tp di gerai resmi belum ada. saya disarankan utk beli di distributor tp belum tentu dapet yang asli dan garansi resmi. boleh minta sarannya mas pras? btw, mas pras beli redmi note 2 di distributor atau di gerai resmi?

    ReplyDelete
  173. Gerai resmi jelas belum ada. Kalau garansi distributor, cari yang dari WII (Wisma Inkopad). Kalau ketemu garansi Bless, waktu pengecekan pastikan hardware normal, tanyakan cara menggaransikan kalau ada apa-apanya gimana, dan tanya apa konter mau bantu klaim garansi atau tidak.

    ReplyDelete
  174. terimakasih banyak mas pras atas informasinya :)
    sukses selalu

    ReplyDelete
  175. mas pras mau tanya, mas beli xiaomi redmi note 2 di plaza marina harganya berapa ya?

    ReplyDelete
  176. 2,350. Tapi itu tiga bulan lalu, di hari-hari pertama Redmi Note 2 garansi distributor pertama kali dijual.

    ReplyDelete
  177. Saya ingin berbagi trik,cara mengetahui xiaomi kita benar2 original atau replika...

    Trik yang paling mudah untuk dicoba.....

    1. Pertama-tama matikan xiaomi km, dengan cara menekan tombol power, lalu pilih matikan
    2. Masuk ke mode fastboot xiaomi, dengan cara menekan secara bersamaan tombol volume down (kebawah) dan tombol power kurang lebih selama 4detik
    3. Apabila setelah masuk mode fastboot, device xiaomi kamu muncul gambar kelinci warna putih sedang memperbaiki robot hijau android, maka bisa dipastikan kl xiaomi kamu benar2 100% original..
    Dan apabila setelah masuk ke mode fastboot, xiaomi km menampilkan mode recovery system, maka kamu wajib ragu atas keaslian xiaomi kamu.......

    Demikian sedikit tips dari saya, semoga bisa membantu teman2 semua.......

    ReplyDelete
  178. Terima kasih atas tambahan tipsnya!

    ReplyDelete
  179. Sharingnya keren mas, trmksh. Btw, kl tujuannya utk dptin hasil foto yg bgs, terutama utk kondisi cahaya minim ato kondisi saat konser musik penerangan remang2, hsl yg bgs milih yg mi 4 ato mi 4i ya mas? Maturnuwun jwbnnya sblmnya ya.

    ReplyDelete
  180. Mas pras mua tanya kalo mau beli xiomi mi4i yg resmi itu dimana ya yg online da terpercaya? Terus kalo mau yg offline juga di mana ya kalo di malang?

    ReplyDelete
  181. Numpang tanya nih mz,,sya dr surabaya jg,,kmaren wktu di JMP sya liat redmi note 2,,pas sy tnya hrganya 1,9..kira2 asli apa ga ya??oya ada stiker garansi dr TAM jg. Mhon bntuanya..

    ReplyDelete
  182. Redmi Note 2 memang harganya segitu, kalau di Tokopedia. Bisa 1,85, 1,9, 2jt, naik turun. Nah kalau ada stiker TAM, dipastikan bukan garansi resmi. Karena Redmi Note 2 belum masuk ke sini secara resmi (sampai komentar ini ditulis ya). Denger isu sih, langsung skip ke Redmi Note 3. Pastikan aja garansi TAM atau distributor (walaupun distributor juga gpp, asal penanganan kalau ada apa-apanya jelas)/

    ReplyDelete
  183. Bisa di sentraponsel, okeshop, atau globalteleshop. Ketiganya ada website online, dan toko offline.

    ReplyDelete
  184. Keduanya sama-sama bagus kok, untuk low-light. Cuma sepertinya sedikit lebih terang hasil foto Mi4, karena apertur kamera yang lebih besar.

    ReplyDelete
  185. mas aku mau tanya,, aku udah beli hape xiaomi note 2 kemarin kamis, lah masih segel bless tp pelindung utamanya kok udah gak rapat (ada gelembung udaranya) itu apakah bisa dimungkinkan terjadi HH yang palsu? dan jika memang iya palsu perbuatan kita apa?

    ReplyDelete
  186. om misal terlanjur belli garansi bless, tgl cek aaja kan? kalau palsu baru ke konter tsb, kira2 konter tsb mau dikembalikan gak ya?
    dan garansi bless jugak ada yg ory kan?

    ReplyDelete
  187. Maksudnya pelindung layar yang doff itu? Gak masalah, mas. Memang begitu kok. Punya saya dulu pelindung kameranya nempelnya cuma setengah. Memang nggak dibuat untuk menempel kuat seperti screenguard kan...

    ReplyDelete
  188. Tergantung kebijakan konternya. Iya, Bless ada yang ori kok (dengan nama Bless, atau Platinum).

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Memilih Kartu Memori Yang Tepat Untuk Ponsel

Review: Moto G5s Plus - Pilihan Terbaik di Rp3 Jutaan

Andromax B & Andromax L - Ponsel Android 4G LTE Terbaru Smartfren