Berkunjung ke Dell Service Centre



Berawal dari membuka Timehop di pagi hari, ada beberapa momen yang mengingatkan kalau notebook saya dibeli hampir tepat setahun lalu. Ketemu momen mau beli notebook gitu, deh... Karena ini merupakan notebook kesayangan (iya, sama notebook aja sayang) (ya mau sayang siapa lagi) (*cries*), saya iseng mau nanya perihal perpanjangan garansi, sama mau menanyakan beberapa hal lain.


Sebetulnya, Dell menawarkan layanan teknisi datang ke rumah, jadi nggak perlu repot ke service centre. Cuma karena masih libur semester, dan ada waktu luang, saya memutuskan untuk ke tempatnya saja. Oh ya, catat buat yang punya produk Dell, Fuji Xerox dan Fujitsu (karena sepertinya satu tempat), di Surabaya, service centre beralamat di Komplek Darmo Park 1, Blok 2B nomor 11, nomor telepon 031-5662482 031-5677621. Jangan yang di gambar di atas, ngga akan diangkat.

Hal-hal Kecil

Beli notebook mahal-mahal, apapun merk dan tipenya, layanan aftersalesnya harus bagus dan dimanfaatkan dengan baik. Karena masih garansi, hal-hal kecil yang mengganggu pemakaian notebook saya (yang sebenarnya tidak terlalu mengganggu juga) selama hampir satu tahun pemakaian ini, saya tanyakan solusinya. Minggu lalu, saya main ke service centre untuk nanya-nanya dulu.

Yang pertama saya tanyakan adalah engsel antara layar dan keyboard. Di notebook saya (Vostro 5470), setelah digunakan berjam-jam, kalau ditutup, bagian kiri depan akan masih sedikit terbuka. Sedikit sekali, cuma 2-4mm. Engsel harus ditekan saat posisi tertutup, supaya bisa rapat serapat-rapatnya. Waktu ditanyakan, kata si mbaknya memang begitu, dan nggak perlu dikhawatirkan. Kecuali engselnya makin lama makin renggang, berbunyi atau patah (ketiganya tidak saya alami). Okay, nggak masalah. Kalo mau presisi banget, kudu beli ThinkPad kali yaa.

Kedua, saya nanyain HDD bawaan. Sekarang tiap read/write, selalu ada bunyi "crkcrck", begitupun waktu notebook dimatikan. Suaranya kecil banget, hanya terdengar kalau di tempat sunyi. Saya tes pakai disk checker dan tool sejenis, nggak ada masalah. Saya pakai pun lancar. Si mbak CSnya pun juga bilang sama... cuma diakhiri, "tapi kalau masnya mau ganti sih nggakpapa, mumpung masih garansi kan". Dalam hati saya, whoa, enak banget, nggak rusak cuma sayanya yang riwil, tapi minta diganti boleh. Dari sini, saya jadi nanyain yang lain.

"Kalau baterai, gimana mbak?". Waktu dicek di tempat, kapasitas baterai maksimal Vostro saya sudah menurun ke 88%. FYI, daya tahan dan kapasitas baterai akan menurun seiring dengan pemakaian dan jumlah charge. Semakin sering dihabiskan dan semakin sering dicharge, semakin berkurang kapasitas dan daya tahannya (koreksi kalau salah, ya). Kata teman saya yang sudah biasa gonta-ganti laptop, berkurang hanya 12% dari kapasitas awal itu masih bagus. Karena biasanya dalam satu tahun pemakaian, kapasitas baterai normalnya berkurang sekitar 20%.

Lalu si mbak jawab lagi, "ini baterainya juga normal sih, mas, masih bagus. Tapi kalau masnya mau minta ganti juga nggak papa. Sekalian aja nanti mas, sama ganti HDD, kan ini mumpung garansinya masih ada satu minggu".

Di sini, saya mulai terharu (lah baper). Sebelumnya, saya pakai ASUS dan garansi baterai hanya enam bulan. Itu juga kayaknya kalau nggak rusak, nggak bisa minta diganti. Untuk Dell, garansi baterai sama dengan garansi sparepart, yaitu satu tahun. Makanya, saya agak kaget waktu CSnya menawarkan untuk diganti juga. Kenapa nggak, kalau bisa diganti baterai baru dengan kapasitas kembali 100%?

Akhirnya, saya memutuskan untuk replace HDD dan baterai baru. Setelah backup data, siang tadi balik untuk naroh Vostro. Prosesnya cepat, dan di kedatangan ke-dua hari ini masih sepi aja (berbanding lurus dengan produk yang tahan lama? Amiin).

"Berapa lama, mbak, servisnya?" | "Satu minggu kerja, mas. Paling lama itu. Paling cepat besok atau lusa, nanti saya kabari". Semoga bisa tepat waktu ya. Mana Minggu depan sudah masuk semester baru. Lekas pulang ya, Vostro. :'(




Perpanjang Garansi

Yang ini iseng aja nanya, berapa harga perpanjang garansi. Kalau Nokia, perpanjang garansi beragam, mulai dari 100rb sampai 400rb, tergantung tipe. Syaratnya, perpanjang harus sebelum masa garansi habis. Nah, kalau Dell ini beda. Jadi pas nanya-nanya, CSnya jawab, " kalau perpanjang garansi, agak mahal mas untuk tipe Vostro, sekitar... satu juta lebih". Oke, di sini saya mengurungkan niat dan selebihnya mau basa-basi aja. Nah, biasanya, CS kan cuma jawab pertanyaan dan sudah, selesai. Jarang banget yang kasih informasi lengkap. Nah, Dell ini termasuk yang jarang. Selain kasih harga, dia kasih plus minusnya perpanjang garansi.

Kira-kira seperti ini: Perpanjang garansi memang direkomendasikan, supaya nantinya kalau ada apa-apa, nggak perlu khawatir dan bisa langsung servis dengan biaya fix. Cuma, minusnya, banyak juga yang perpanjang garansi tapi notebooknya nggak kenapa-napa. Sayang duitnya, kalau begini. Iya, CSnya sendiri yang jelasin.

"cuma, mas, biasanya customer itu perpanjang garansinya pas notebooknya rusak" | "lho, trus pas garansi sudah habis, bisa gitu mbak, diperpanjang?" | "bisa mas. Walaupun garansi sudah habis pun bisa. Cuma, kalau seperti itu, perlu waktu sekitar sebulan untuk proses awal garansi, jadi nggak bisa langsung servis. Jadi keuntungannya perpanjang garansi duluan memang itu, bisa langsung servis. Tapi ruginya itu tadi, kalau notebook nggak masalah dan garansi tidak terpakai".

Juara lah memang jawaban dari CS ini. Nggak cuma jawab sekenanya atau jual produknya, tapi kasih informasi lengkap untuk pertimbangan. Sistem perpanjang garansi Dell ini juga enak banget, fleksibel. Menurut saya sih nggak perlu perpanjang, kecuali memang rusak banyak dan habis lebih dari satu juta, baru deh perpanjang. Muehehe.

Begitulah pengalaman saya berkunjung ke Dell Service Centre. Cukup menyenangkan dan menenangkan. P.S.: ini cuma berbagi pengalaman aja ya, bukan ngiklan atau apapun (siapalah Ba'im, jumlah postingan juga cuma seupil). Tulisan ini juga bisa untuk pertimbangan dalam memilih notebook. Selain daya tahan hardware, spesifikasi dan merk, perhatikan juga aftersalesnya. Jangan sampai pas salah penggunaan lalu keyboard rusak, notebook harus dikirim ke luar negeri untuk dicari dan dipasang keyboardnya (ini beneran ada lho).

Tulisan ini akan di-update setelah notebook kembali di tangan. Semoga nggak lama yah.

[Update]:
Setelah melewati hari-hari yang hampa tanpa notebook, akhirnya dapat SMS dari Dell kalau notebook sudah selesai. Dan dikabarinnya... Dua hari setelah servis. Iya, cuma dua hari. Hore! Karena terlalu sore, saya memutuskan untuk ambil hari ini (3/9). Proses ambil cepat, HDD dan baterai sudah resmi diganti. Semoga kedepannya nggak rewel, karena sisa garansinya tinggal dua hari lagi. Amiin. ?

Comments

  1. Dimana sy bisa beli keyboard leptop del vostro 5470 i3

    ReplyDelete
  2. Di Dell Service Centre, mas Jefri.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review: Moto G5s Plus - Pilihan Terbaik di Rp3 Jutaan

Tips Memilih Kartu Memori Yang Tepat Untuk Ponsel

Andromax B & Andromax L - Ponsel Android 4G LTE Terbaru Smartfren