Baluran; savana, gunung, pantai, dan bakau dalam satu tempat.


Jadi ceritanya, beberapa hari kemarin saya sempat bercerita di akun Twitter saya tentang kunjungan *halah* liburan saya ke Taman Nasional Baluran. dan karena ada 976 orang beberapa orang yang tertarik untuk detilnya, akhirnya bikin postingan di sini deh. :D



Taman Nasional Baluran adalah salah satu Taman Nasional yang berlokasi di wilayah Situbondo, Jawa Timur. Sekitar 1,5 jam bila ditempuh dari Banyuwangi, atau setengah jam dari pelabuhan Ketapang. Dikutip dari Wikipedia, nama Baluran sendiri diambil dari nama gunung yang berada di daerah ini, yaitu gunung Baluran. Baluran ini sebenarnya hutan. Tapi karena berlokasi di pinggir pulau, ada pantainya. Perjalanan ke pantai, ada savananya. Sebelah pantai, ada hutan bakaunya. Perjalanan dari savana ke pantai, kelihatan gunungnya. Mirip smartphone masa kini gitudeh, semua ada. *apeu* Sekarang, akan saya jelaskan perjalanan dari pintu masuk Baluran menuju pantai. Tiket masuk Baluran 2.500 per orang. Buka mulai pagi dan batas jam terakhir masuk jam empat sore. Secara umum, ada dua checkpoint di dalam Baluran, yaitu Bekol dan Bama. Bekol adalah lokasi savana, dan Bama adalah nama pantainya. Dari pintu masuk ke Bekol, jaraknya 14KM, dan dari Bekol ke Bama sekitar 4KM. Ngga jauh sebenarnya, tapi karena jalannya 80% rusak, 10% mulus dan sisanya bebatuan, jadi butuh waktu 1 jam untuk menempuh jarak 14KM, dan hampir setengah jam lagi menuju 4KM berikutnya.


Selama perjalanan, selain melihat pemandangan hutan pada umumnya, ada beberapa hewan yang berkeliaran. Paling banyak monyet, beberapa rusa, kawasan burung, dan kalau beruntung, bisa lihat macan dan banteng. Sayangnya waktu itu kurang beruntung. Cuma ketemu beberapa rusa aja.


Setelah itu, sampai di Bekol. Di Bekol ada beberapa tempat peristirahatan, peta besar, wisma, dan… sinyal GPRS. Ya, selama perjalanan tidak ada sinyal, dan hanya di Bekol bisa akses internet. Waktu itu lupa dokumentasi area Bekol, karena fokus ke savana di sekitar Bekol :p


Savananya luaaaas banget. Udah kayak di luar negeri entah negeri mana. Tapi karena masih siang dan masih sangat panas, lanjut dulu ke Bama. Kurang dari setengah jam, sampai di pantai Bama.



  
Di pantai Bama juga ada penginapan, penjual bakso, mi goreng, es teler *penting*, dan tempat outbond kecil-kecilan. Pantainya tidak terlalu besar, tapi lumayan  bersih. di sebelah kanannya ada hutan bakau kecil.


Setelah cukup berfoto-foto dan waktu sudah sore juga udah males berlama-lama karena tidak ada sinyal, baliklah ke savana karena cuaca sudah mendukung. Gunung Baluran terlihat di sisi kiri.


dan ini savana waktu sore:



Diambil sekitar jam empat sore. Bagus, bagus banget. Pas banget buat foto-foto, atau duduk sambil baca novel juga enak! (kali aja). Ngga nyangka banget lah, Baluran se-indah dan se-lengkap ini. Berkali-kali lewat tiap mudik Surabaya - Banyuwangi, selalu lewat, tapi mengira Baluran cuma sekadar hutan. Ternyata, byuh… KEREN BANGET! 

Buat yang hobi backpacking, cocok banget lah Baluran ini buat jadi destinasi, bagi yang berkunjung ke Banyuwangi atau sebelum menyebrang ke pulau Bali, bisa mampir Baluran dulu. Kurang tahu untuk penyewaan kendaraan di Baluran, tapi di depan pintu masuk Baluran ada banyak ojek, yang bisa jadi solusi perjalanan. Banyak juga kok yang masuk ke Baluran naik motor, dan bisa lebih cepat jalannya. Berdoa aja supaya ban motor ngga bocor di perjalanan. :p *ditimpukin tukang ojek* Sekian cerita tentang kunjungan saya ke Taman Nasional Baluran. Kurang lebihnya mohon maaf. Wasalamualaikumwarohmatullohiwabarokatuh. ^^

Comments

Popular posts from this blog

Review: Moto G5s Plus - Pilihan Terbaik di Rp3 Jutaan

Tips Memilih Kartu Memori Yang Tepat Untuk Ponsel

Andromax B & Andromax L - Ponsel Android 4G LTE Terbaru Smartfren